Ikan dalam kedalaman laut

Monday, April 25, 2011

print this page
send email
Banyak jenis ikan yang hidup dalam laut dalam yang memiliki adaptasi khusus untuk hidup pada tekanan yang tinggi ataupun intensitas cahaya yang rendah. Beberapa dari mereka berwarna gelap segelap malam yang diselimuti organ cahaya atau disebut photophores, yang tersebar di tubuh mereka secara strategis seperti, di satu pada sirip punggung diubah yang berfungsi sebagai daya tarik untuk ikan, sehingga dapat dimangsa.
Beberapa ikan laut dalam tidak memiliki pigmen (warna) di tubuh mereka.
Beberapa contoh ikannya,

hairy anglerfish



Hairy anglerfish (Caulophryne polynema)adalah ikan laut,dan pertama kali ditemukan oleh David Attenborough.
Ukuran betina sekitar sebesar ukuran bola sepakdan tubuhnya ditutupi antena panjang yang digunakan untuk mendeteksi mangsa. Dan untuk jantan ukurannya sekitar bola pingpong.
Jantan membentuk hubungan parasit dengan wanita dengan cara menyatukan dirinya pada daging dan akhirnya menyatu dengan aliran darahnya. The Angler Hairy memiliki perut yang dapat diperluas sehingga mampu makan ikan lainnya lebih besar dari dirinya.

Viper fish




viperfish adalah ikan laut genus Chauliodus , dengan panjang, seperti jarum gigi dan rahang bawah berengsel. Mereka tumbuh hingga panjang 30 sampai 60 cm (12 - 24 inci).
Viperfish tinggal di dekat kedalaman rendah (250-5,000 kaki) di siang hari dan dangkal di malam hari. Viperfish umumnya tinggal di perairan tropis dan subtropis. Ini adalah salah satu predator paling sengit di bagian paling dalam dari laut dan dipercaya untuk menyerang mangsanya dengan memikat korban dekat dengan diri dengan organ yang menghasilkan cahaya.


Fangtooth



Dari namanya dapat dimengerti kalau namanya tidak proporsional, seperti gigi taring dan wajah didekati, fangtooths sebenarnya cukup kecil dan tidak berbahaya bagi manusia: lebih besar dari dua spesies, gigi taring umum, mencapai panjang maksimal hanya 16 cm (6inches).

Kepala kecil dengan rahang yang besar dan tampak lesu, penuh dengan lendir rongga digambarkan oleh tepi bergerigi dan tertutup oleh kulit tipis.Mata relatif kecil, terletak tinggi di kepala, seluruh kepala adalah coklat tua sampai hitam dan sangat dikompresi lateral, anterior dan ramping dalam semakin lebih ke arah ekor.Sirip yang kecil, sederhana, dan bertulang, timbangan yang tertanam di kulit dan mengambil bentuk pelat tipis. Sebagai kompensasi untuk mata berkurang, garis lateral berkembang dengan baik dan muncul sebagai alur terbuka di sepanjang sisi-sisi.

source : http://www.extremescience.com/zoom/index.php/life-in-the-deep-ocean/39-viperfish-fangtooth

3 comments:

  1. dalam film avatar,itu kayaknya tumbuhan laut dan hewan laut ya

    ReplyDelete
  2. jd g kepengen dah aq nyelem ke dalam aer,,heheh

    ReplyDelete

Jangan dipaksakan untuk berkomentar.. (^o^)V
Santai aja, kalau mau komentar ya nggak apa apa..
kalau nggak, ya nggak apa apa..
Nggak ada yang ngelarang..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...